Sabtu, 04 Februari 2012

Mengapa hutan menjadi gurun?


Gurun sahara, gurun terluas di dunia itu, konon adalah hutan rimba yang amat lebat. Menagpa hutan lebat itu kini berubah menjadi gurun? Penyebab utama terjadinya gurun itu adalah perusakan hutan oleh manusia. Untuk memberi makan manusia yang yang jumlahnya semakin membengkak di bumi ini, hutan ditebang habis kemudian diubah menjadi lahan pertanian dan lading pengembalaan.

Tanah yang digunakan untuk pertanian dari tahun ke tahun tanpa diberi pupuk sehingga menjadi tidak subur. Karena tidak subur tanaman pangan tidak menghasilkan panen dan makanan ternak tidak tersedia. Tanah menjadi tidak produktif untuk pertanian dan peternakan.

Tanah yang sudah tidfak produktif itu kemudian ditinggalkan untuk membuka lahan baru. Hutan yang ada ditebangi lagi dan diolah sebagai lahan pertanian baru. Setelah tidak produktif ditinggalkan lagi. Begitu seterusnya hingga makin banyak hutan yang gundul. Lahan garapan dari system pertanian berpindah akhirnya menghasilkan lahan kritis, karena penggunaan kelewat batas. Tanah yang semula subur ditinggalkan dalam keadaan gersang menjadi bagian dari gurun yang kian meluas. Alam melalui kekuatan korosinya (erosi oleh angin) ikut beperan dalam pembentukan gurun. Tetapi, sebab utama ialah penggunaan lahan melebihi kemampuannya oleh manusia.

Tidak ada komentar: